ANALISIS PENERAPAN TARGET COSTING DALAM UPAYA PENGHEMATAN BIAYA PRODUKSI PADA UMKM TRENDY FRIED CHICKEN DI KOTA MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35529Abstract
Target costing merupakan penentuan biaya yang diharapkan untuk suatu produk berdasarkan harga yang kompetitif, sehingga produk tersebut akan dapat memperoleh laba yang diharapkan. Penerapan target costing oleh sebuah perusahaan bertujuan untuk menurunkan total biaya dari total biaya sebelumnya sehingga perusahaan pun bisa mendapatkan laba yang maksimal tanpa harus menaikan harga jualnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan target costing dapat menghemat biaya produksi pada UMKM Trendy Fried Chicken di Kota Manado. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di UMKM Trendy Fried Chicken di Kota Manado, pada bulan Agustus 2020 - November 2020. Hasil Penelitian menunjukkan cost yang dicapai lebih kecil nilainya dari Target costing yang telah ditetapkan sebelumnya. Kesimpulannya bahwa penerapan target costing dapat dijadikan salah satu alternatif dalam upaya penghematan biaya produksi.
Kata Kunci: Target costing, biaya produksi