ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI GRAB CAR (STUDI PADA PENGGUNA JASA GRAB-CAR DI KEC. WENANG MANADO)

Authors

  • Reymond Sangkay Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) EL’FATAH Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35551

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek dan harga terhadap loyalitas Pelanggan Salah satu dampak dari berkembangnya teknologi, saat ini terdapat aplikasi yang mengenalkan layanan pemesanan jasa transportasi menggunakan teknologi dan memakai standar pelayanan. Seiring perkembangan jaman dan begitu banyaknya kebutuhan masyarakat, maka perusahaan Grab meluncurkan berbagai aplikasi guna memenuhi akan kebutuhan masyarakat. Responden dalam penelitian ini adalah para pengguna jasa Grab Car yang ada di Kecamatan Wenang Kota Manado. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis regresi berganda dengan data diperoleh   menggunakan metode kuantitatif yaitu survei menggunakan media kuesioner dengan teknik yaitu convenience sampling. Jumlah lemabaran kuesioner yang dianalisis sebesar 150 lembar kuesioner.  Hasil Uji-F didapatkan nilai F-hitung yaitu = 3,431. Apabila dibandingkan dengan F-tabel pada tingkat kepercayaan 90% dan α = 0,05 yaitu 3,060 maka F hitung = 3,431 > Ftabel = 3,060 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara Variabel X1: Citra Merek dan Variabel X2 = Harga terhadap variabel Y = Loyalitas Pelanggan pengguna jasa Grab Car di Kecamatan Wenang Kota Manado. Koefisien Determinasi (KD) = (R2) = 2,60x 100% = 26%. Dapat diambil kesimpulan bahwa besarnya pengaruh Variabel X1 = Citra Merek dan Variabel X2 = Harga terhadap variabel Y Loyalitas Pelanggan pengguna jasa Grab Car di Kecamatan Wenang Kota Mando sebesar 26% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Citra merek, harga, loyalitas pelanggan.

Author Biography

Reymond Sangkay, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) EL’FATAH Manado

Jurusan Manajemen, Program Studi Manajemen

Downloads

Published

2021-09-18