KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK BTN PADA KANTOR KAS UNSRAT

Authors

  • Steven P. Katiandagho Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Silvya L. Mandey Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Sjendry Loindong Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.2.1.2014.3579

Abstract

Loyalitas nasabah akan dapat terpenuhi apabila perusahan dapat memberikan jasa dan produk yang terbaik. PT. BTN persero Tbk, merupakan salah satu instansi perbankan yang mulai berkembang pesat pada bidangnya. Menjadi perusahaan yang berkembang PT. BTN persero Tbk, dituntut untuk memberikan jasa dan produk yang terbaik dan inovatif baik dalam kualitas pelayanan yang diberikan serta nilai-nilai yang ditawarkan untuk mendapatkan nasabah yang loyal. Tujuan penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Nasabah PT. BTN persero Tbk Cabang Manado Kantor Kas UNSRAT. Dengan menggunakan metode penelitian asosiatif kausal dimana metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap loyalitas nasabah. Populasi yang diambil sebanyak 245 nasabah dengan sampel penelitian  yang digunakan sebanyak 78 responden. Hasil penelitian menunjukan Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah PT. BTN persero Tbk Cabang Manado Kantor Kas UNSRAT. Dengan demikian loyalitas nasabah diharapkan dapat meningkat bila kualitas pelayanan dan nilai pelanggan ditingkatkan.

Kata kunci: kualitas pelayanan, nilai pelanggan, loyalitas nasabah.

Author Biographies

Steven P. Katiandagho, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Silvya L. Mandey, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Sjendry Loindong, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2014-02-12