PENGARUH BRAND AMBASSADOR, VIRAL MARKETING DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU NIKE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNSRAT
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36622Abstract
Pembelian produk yang meningkat merupakan salah satu ukuran keberhasilan strategi pemasaran dalam perusahaan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Brand Ambassador, Viral Marketing dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat.Keputusan pembelian adalah proses keputusan dimana pelanggan benar-benar memutuskan untuk membeli dan menikmati barang atau jasa diantara berbagai macam pilihan alternatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis unsrat angkatan 2016 - 2018 yang adalah pembeli sepatu nike berjumlah 1500 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dan rumus slovin. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 94 orang responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan brand ambassador secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Viral marketing secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian serta berdasarkan pengujian simultan ditemukan bahwa brand ambassador, viral marketing dan brand trust secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat. Kesimpulan yang dapat diberikan adalah nike sebaiknya semakin memperhatikan faktor penunjukkan brand ambassador dengan memilih brand ambassador yang tepat agar keputusan pembelian konsumen akan semakin meningkat.
Kata Kunci:Â brand ambassador, viral marketing, brand trust, keputusan pembelian