PERAN INOVASI PRODUK DAN ORIENTASI PASAR DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN KOMPETITIF UMKM (STUDI PADA USAHA SAMBAL ROA DI KOTA MANADO)

Authors

  • Regina T. Saerang Universitas Sam Ratulangi
  • Shinta J. C. Wangke Universitas Sam Ratulangi
  • Emilia M. Gunawan Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.37083

Abstract

Ikan roa merupakan komoditas keunggulan Sulawesi Utara. Ikan roa asap sering diolah menjadi sambal roa yang digemari khususnya di Kota Manado. Usaha kuliner yang bersifat home industry sedang berkembang pesat saat ini. Banyaknya usaha rumah tangga yang memproduksi sambal roa membuat persaingan dalam industri ini yang sangat tinggi dan kompetitif. Dengan banyaknya pesaing yang menjual produk olahan ini, perlu dianalisa faktor yang mempengaruhi Keunggulan Kompetitif UMKM. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa peran dari Inovasi Produk dan Orientasi Pasar dalam mencapai Keunggulan Kompetitif. Fokus dari penelitian ini adalah para pengusaha Sambal Roa di Kota Manado. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh baik secara parsial dan simultan dari Inovasi Produk dan Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Kompetitif UMKM. Hasil ini dapat menjadi masukan bagi para pelaku UMKM Sambal Roa di Kota Manado dalam merumuskan strategi bisnis agar keunggulan kompetitif masing-masing usaha dapat ditingkatkan.

 

Kata Kunci: inovasi produk, orientasi pasar, keunggulan kompetitif, UMKM, Sambal Roa

Author Biographies

Regina T. Saerang, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Binsis, Jurusan Manajemen

Shinta J. C. Wangke, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Emilia M. Gunawan, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Binsis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2021-11-30