PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, FASHION INVOLVEMENT, DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOUR (SURVEY PADA KONSUMEN PT.MATAHARI DEPARTEMENT STORE MEGA MALL MANADO)

Authors

  • Budiman R. Ratu Universitas Sam Ratulangi
  • Agus S. Soegoto Universitas Sam Ratulangi
  • Reitty L. Samadi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.37338

Abstract

Dengan adanya teknologi membuat perkembangan sebuah bisnis retail modern menjadi begitu pesat oleh sebab itu PT. Matahari Departement Store memiliki banyak saingan dalam menjalankan bisnisnya. Pada umumnya, sebelum melakukan pembelian konsumen melakukan perencanaan terlebih dahulu tentang jenis, jumlah, harga tempat dan aspek lain dari barang yang akan dibeli. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah regresi linear berganda. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 orang konsumen di PT Matahari Departement  Store Mega Mall Manado. Hasil penelitian uji t atau parsial menunjukkan bahwa variabel shopping lifestyle berpengaruh positif signifikan terhadap impulse buying behaviour. Fashion involvement memiliki pengaruh walaupun sedikit tetapi tidak signifikan terhadap impulse buying behaviour, dan hedonic shopping motivation memiliki pengaruh positif signifikan terhadap impulse buying behaviour. Secara simultan shopping lifestyle, fashion involvement, dan hedonic shopping motivation memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulse buying behaviour.

Kata kunci: shopping lifestyle, fashion involvement, hedonic shopping motivation, dan impulse buying behaviour

Author Biographies

Budiman R. Ratu, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Agus S. Soegoto, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Reitty L. Samadi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2021-12-21