ANALISIS PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN KEUNGGULAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI FIF GROUP CABANG MANADO

Authors

  • Anita A. Husain Universitas Sam Ratulangi
  • Maryam Mangantar Universitas Sam Ratulangi
  • Yunita Mandagie Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37529

Abstract

Kehilangan pelanggan tentu berdampak sangat besar bagi laba perusahaan. Hal tersebut jarang terjadi pada konsumen yang sudah loyal pada merk tertentu. Kebanyakan konsumen mengetahui banyak tentang suatu produk ketika konsumen sudah pernah menyicipi dan menikmati produk tersebut ketimbang mengetahuinya melalui iklan atau informasi dari pihak lain. Maka dari itu loyalitas berperang sangat penting guna mempertahankan posisi perusahaan di pasar modern ini dan sekaligus menjamin kestabilan penjualan dan laba yang bakal diperoleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Nilai Pelanggan dan Keunggulan Produk Terhadap Loyalitas Konsumen di FIF Group Cabang Manado. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 98 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data statistic menggunakan analisis regresi linear berganda, uji hipotesis menggunakan uji F dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Secara simultan Nilai Pelanggan dan Keunggulan Produk berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen di FIF Group Cabang Manado. Secara Parsial Nilai Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen di FIF Group Cabang Manado dan Keunggulan Produk tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen di FIF Group Cabang Manado.

 

Kata Kunci: Nilai pelanggan, keunggulan produk, loyalitas konsumen

Author Biographies

Anita A. Husain, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Maryam Mangantar, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Yunita Mandagie, Universitas Sam Ratulangi

Fakutltas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-01-05