PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR CABANG MINAHASA SELATAN

Authors

  • Christian Koloy Universitas Sam Ratulangi
  • Silcyljeova Moniharapon Universitas Sam Ratulangi
  • Djemly Woran Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38374

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, kebutuhan jasa pengiriman banyak sekali kemajuan dan perkembangan sehingga semakin diminati setiap harinya, terutama pada situasi saat ini yaitu Covid 19. Kemajuan teknologi di era globalisasi cenderung membuat masyarakat menyukai segala sesuatu yang mudah dan praktis. Terlebih dalam hal mengirimkan barang yang menyangkut keterjangkauan wilayah. Dapat lihat juga dengan situasi sekarang ini, dimana di Indonesia bahkan di seluruh dunia sedang terjadi pandemi Covid 19, yang mengharuskan semua masyarakat lebih diajurkan untuk tetap berada dalam rumah. Dengan begitu, kebutuhan-kebutuhan untuk menunjang agar tetap dapat bertahan dirumah seperti makanan, minuman, dan kebutuhan lainnya harus dipesan secara online. Sehingga dengan situasi ini memberikan dampak pada semakin banyaknya unit usaha baru yang mulai di rintis masyarakat baik yang berskala kecil, menengah maupun berskala besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Minahasa Selatan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis ditemukan bahwa secara simultan Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Minahasa Selatan, namun secara parsial kepuasan konsumen tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Untuk PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Minahasa Selatan agar mempertahankan dan meningkatkan lagi Kualitas pelayanannya sehingga konsumen yang menggunakan jasa dari PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Minahasa akan menjadi lebih loyal dan terus menerus menggunakan jasa dari PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Minahasa Selatan.

 

Kata kunci: Kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen

Author Biography

Christian Koloy, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-01-19