PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM STRATEGI PEMASARAN PT. IVANA PAPUA CARGO EXPRESS
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38376Abstract
Suatu usaha tentu adanya strategi untuk dapat berkembang dan bersaing didunia bisnis, karena itu strategi rasional juga sangat penting terutama dalam membangun dan menjaga hubungan baik dengan pelanggang/customer yang loyal dan mencari customer baru, melalui analisis SWOT perusahaan dapa melihat Kekuatan (Strength), Kelemahan (Weaknesses), Peluang (Opportunities), dan Ancaman (Threat), tidak terkecuali untuk usaha Travel PT.Ivana Papua Cargo analisis SWOT sangat diperlukan dalam membangun hubungan baik dengan customer maupun mendapatkan customer baru. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui Bagaimana Strategi Pemasaran Yang Dilakukan Oleh PT Ivana Papua Cargo. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Hasil analisis IFAS,EFAS,Analisis SWOT kuantitaif,Analisis SWOT kualitatif dan BCG menunjukan faktor internal dengan total skor 3,46 sedangkan factor eksternal memiliki total skor 3,2, sehingga PT Ivana Papua Cargo berada pada kuadran 1 yang menggambarkan bahwa situasi yang sangat baik karena ada kekuatan yang dimanfaatkan untuk meraih peluang yang menguntungkan.Tingkat pertumbuhan perusahaan sebesar 15%, dan pangsa pasar 0,90<1, sehingga perusahaan berada pada posisi Question Mark yang berarti perusahaan menghadapi pangsa pasar yang rendah akan tetapi dalam kondisi pertumbuhan pasar yang tinggi.Beberapa strategi yang harus dilakukan PT.Ivana Papua Cargo antara lain memperluas pangsa pasar, mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggang, meningkatkan teknologi, meningkatkan kreatifitas sumber daya manusia.
Â
Kata kunci: Analisis SWOT, strategi pemasaran