PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING, DAN CUSTOMER TRUST TERHADAP CUSTOMER PURCHASE DECISION FCOFFEE & ROASTERY MANADO

Authors

  • Jimmy Rarung Universitas Sam Ratulangi
  • Bode Lumanauw Universitas Sam Ratulangi
  • Yunita Mandagie Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38482

Abstract

Industri kedai kopi di Sulawesi Utara juga di masa pandemi dan setelah pandemi Covid-19 perlu untuk berbenah dengan memahami lebih dalam perilaku konsumen yang berkunjung ke keda kopi mereka. Hal ini dalam rangka menghadapi kompetisi dalam industri ini yang sangat ketat serta dengan pertumbuhan kuantitas kedai kopi yang menjamur di seluruh Sulawesi Utara. Memahami perilaku konsumen yang berkunjung ke kedai kopi menjadi hal yang krusial dalam rangka mempertahankan kelangsungan usaha kedai kopi tersebut.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh online customer review, online customer rating, dan customer trust secara simultan dan parsial terhadap customer purchase decision konsumen Fcoffee & Rostery Manado. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengambilan data survey secara daring melalui GForm pada partisipan pengunjung kafe yang berjumlah 100 responden. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa online customer review, online customer rating, customer trust secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer purchase decision ke Fcoffee & Rostery Manado. Saran penelitian yaitu dalam upaya meningkatkan tingkat keputusan pembelian konsumen di usaha kafe perlu meningkatkan online customer review, online customer rating, serta customer trust konsumen yang berkunjung ke usaha kafe tersebut. 

 

Kata Kunci: Online customer review, online customer rating, customer trust, customer purchase decision

Author Biography

Jimmy Rarung, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-01-20