ANALISIS KOMPARASI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE DI BURSA EFEK INDONESIA SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19

Authors

  • Jessica N. Mantiri Universitas Sam Ratulangi
  • Joy E. Tulung Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38487

Abstract

Kinerja keuangan merupakan satu diantara dasar penilaian mengenai kondisi keuangan perusahaan yang dilakukan berdasarkan analisis rasio keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kinerja keuangan perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di bursa efek Indonesia sebelum dan saat pandemi Covid-19. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 19 perusahaan yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Paired Sample T Test. Hasil penelitian menemukan bahwa tidak terdapat perbedaan kinerja keuangan yang signifikan sebelum dan saat pandemi Covid-19 pada variable: debt to equity ratio, return on equity, net profit margin, dan earning per share, sedangkan pada variable current ratio dan total asset turnover terdapat perbedaan kinerja keuangan yang signifikan sebelum dan saat Covid-19.

 

Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Equity, Net Profit Margin, Total Assets TurnOver, Earning Per Share, Covid-19.

Downloads

Published

2022-01-20