ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA UMKM PABRIK ROTI NABILA BAKERY MANADO

Authors

  • Febriani Hilkia Mait Universitas Sam Ratulangi
  • Bode Lumanauw Universitas Sam Ratulangi
  • Reitty Samady Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38662

Abstract

Strategi Pemasaran adalah upaya memasarkan sebuah produk, baik itu barang atau jasa dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi . Salah satu strategi dalam mengembangkan usaha ialah dengan menerapkan Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran yang didalamnya terdiri dari produk, harga, tempat, promosi dapat meningkatkan volume penjualan pada pabrik roti Nabila bakery manado. Penelitian ini merupakan penelitian kualittatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, pengambilan data mengunakan teknik wawancara dan observasi dengan sampel karyawan, pelanggan, dan pemilik usaha pabrik roti Nabila bakery manado. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran berupa bauran pemasaran yang didalamnya produk, harga, tempat, dan promosi dapat meningkatkan volume penjualan. Dan sebaiknya Nabila bakery harus mempertahankan kualitas dan keramahan dalam melayani pelanggan agar tetap merasa nyaman saat datang ke pabri roti Nabila bakery Manado.

 

Kata Kunci: Strategi pemasaran, bauran pemasaran, volume penjualan, fenomenologi

Author Biography

Febriani Hilkia Mait, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-01-24