Analisis Business Model Canvas Pada UD. Perdana Motor

Authors

  • Ronald Edbert Anter Universitas Sam Ratulangi
  • Arrazi B.H Jan Universitas Sam Ratulangi
  • Jessy J Pondaag Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.39510

Abstract

Bengkel merupakan suatu usaha jenis wirausaha kecil dan menengah yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan perbaikan baik itu sepeda motor atau mobil, lebih dari itu bengkel juga melakukan usaha penjualan spare part guna melengkapi kebutuhan penggantian spare part kendaraan yang rusak. UD. Perdana Motor adalah bengkel mobil yang menawarkan jasa service sekaligus menjual spare part mobil. Awalnya bengkel UD. Perdana Motor Cuma melayani jasa servis, sedikit demi sedikit akhirnya bengkel ini menjual oli dan spare part dari berbagai mobil. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Business Model Canvas pada UD. Perdana Motor. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis data bersifat induktif atau kualitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu Pemilik dan Manajer Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Perdana Motor dalam kegiatan bisnisnya sehari-hari sudah menerapkan sebuah model bisnis yang memenuhi syarat ketentuan dari Sembilan elemen pada Business Model Canvas.

Downloads

Published

2022-04-19