Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Pada PT. Hasjrat Abadi Yamaha

Authors

  • Steve Marshelino Dewana Sumilat Universitas Sam Ratulangi
  • Joyce Lapian Universitas Samratulangi
  • Debry Lintong Universitas Samratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.40295

Abstract

Abstrak: Keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk pada dasarnya erat kaitannya dengan perilaku konsumen. Perilaku konsumen merupakan unsur penting dalam kegiatan yang perlu diketahui oleh perusahaan. Adanya kecenderungan pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan yang dilakukan oleh konsumen tersebut, menginsyaratkan bahaw manajemen perusahaan perlu mempertimbangkan aspek perilaku konsumen, terutama proses pengambilan keputusan pembeliannnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor pada PT. Hasjrat Abadi Yamaha Sam Ratulangi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pada PT. Hasjrat Abadi Yamaha Sam Ratulangi. Besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin adalah 86 responden. Metode penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji normalitas) dan uji hipotesis (uji t, uji F dan koefisien determinasi). Dengan uji ini dapat dilihatbagaimana variabel-variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, dan promosi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk, harga, dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor pada PT. Hasjrat Abadi Yamaha Sam Ratulangi.

 

 

Kata Kunci: kualitas produk, harga, promosi, keputusan pembelian

Author Biographies

Steve Marshelino Dewana Sumilat, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Joyce Lapian, Universitas Samratulangi

Fakultas ekonomi dan bisnis,Jurusan Manajemen

Debry Lintong, Universitas Samratulangi

Fakultas ekonomi dan bisnis,Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-04-23