Pelaksanaan Proses Penjaminan Mutu di Sekolah Penggerak Sulawesi Utara, Indonesia

Authors

  • Febry Hendra Jeskhiel Dien Sam Ratulangi University
  • David Paul Elia Saerang
  • Joubert Baren Maramis
  • Lucky Otto Herman Dotulong
  • Djurwati Soepeno

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41421

Abstract

Sistem Penjaminan Mutu (QAS) memiliki kedudukan penting dalam menjamin mutu pendidikan masing-masing satuan pendidikan. Proses penjaminan mutu yang baik akan menjamin kualitas pendidikan tetap terjaga dan akan memudahkan sekolah dalam melakukan pemetaan mutu, penyusunan rencana mutu, pemenuhan mutu, evaluasi, dan penetapan baku mutu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan proses penjaminan mutu di Sekolah Penggerak Sulawesi Utara, Indonesia, berdasarkan laporan pendidikan. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi dan dokumentasi serta data yang bersumber dari aplikasi online Laporan Pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penjaminan mutu Di Sekolah Penggerak Sulawesi Utara, Indonesia telah dilakukan dengan mengikuti Standar Nasional Pendidikan. Pencapaian kualitas pendidikan masih perlu ditingkatkan agar ada konsistensi dalam memenuhi mutu. Dalam proses penjaminan mutu di satuan Pendidikan, diperlukan dukungan dari berbagai elemen di lingkungan sekolah, pemerintahan, dan masyarakat.

Kata Kunci : Penjaminan Mutu, Komitmen, Kualitas Pendidikan

Author Biography

Febry Hendra Jeskhiel Dien, Sam Ratulangi University

Pasca Sarjana Doktor Ilmu Manajemen

Downloads

Published

2022-06-20