ALOKASI BIAYA BERSAMA DALAM MENENTUKAN LABA BRUTO PER PRODUK PADA UD. SINAR SAKTI MANADO

Authors

  • Rinna Moniaga Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Agus T. Poputra Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Sherly Pinatik Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.2.2.2014.4410

Abstract

Perusahaan dalam meningkatkan kegiatan usahanya perlu melakukan proses produksi yang memanfaatkan satu atau beberapa bahan baku utamanya untuk menghasilkan dua atau lebih jenis produk yang hampir sama tetapi dengan variasi yang berbeda. Perusahaan yang menghasilkan beberapa jenis produk perlu mengalokasikan biaya yang dianggap sebagai biaya bersama agar dapat diketahui harga pokok produksi masing-masing produk dengan menggunakan metode alokasi biaya bersama salah satunya metode nilai jual relatif atau harga pasar. Tujuannya  untuk mengetahui dan menganalisis alokasi biaya bersama dalam menentukan laba bruto per produk pada UD.Sinar Sakti Manado. Analisis terhadap alokasi biaya bersama digunakan dalam menentukan laba bruto per jenis produk yang menghasilkan lebih dari satu jenis produk sehingga perlu melakukan pengalokasian biaya bersama dengan metode nilai jual relatif atau harga pasar karena dengan metode ini perusahaan dapat menentukan berapa kontribusi laba yang dihasilkan dari masing-masing produk. Menghadapi persaingan yang semakin ketat maka perusahaan seharusnya memiliki strategi dalam meningkatkan usahanya dengan menggunakan metode yang dapat membantu perusahaan agar tetap bertahan. Perusahaan yang menghasilkan lebih dari satu jenis produk sebaiknya melakukan pengalokasian biaya bersama sehingga perusahaan dapat mengetahui laba yang dihasilkan oleh masing-masing produk.

Kata kunci: alokasi biaya, metode nilai jual, laba bruto

Author Biographies

Rinna Moniaga, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Akuntansi

Agus T. Poputra, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Akuntansi

Sherly Pinatik, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Akuntansi

Downloads

Published

2014-04-27