KUALITAS PRODUK DAN EKUITAS MEREK PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA HILUX PADA PT. HASJRAT ABADI CABANG KOTAMOBAGU

Authors

  • Endru K. Tundoong Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Silvya L. Mandey Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.2.2.2014.4759

Abstract

Persaingan perusahaan otomotif dalam mempertahankan pelanggan maupun menarik konsumen merupakan suatu keuntungan bagi masyarakat. Sebagai usaha menarik minat konsumen maka perusahaan otomotif harus menyusun strategi yang lebih akurat, diantaranya meningkatkan kualitas produk dan ekuitas merek. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan ekuitas merek secara simultan maupun secara parsial terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Hilux. Populasi penelitian ini adalah 55 konsumen yang telah membeli Toyota Hilux dengan sampel sebanyak 40. Metode pengambilan sampel secara purposif dengan kriteria yaitu pembeli mobil Toyota Hilux di PT. Hasjrat Abadi Kotamobagu. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, dengan uji hipotesis yaitu uji-t dan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk dan ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap keputusan pembelian Toyota Hilux di PT. Hasjrat Abadi Kotamobagu. Ekuitas merek merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dalam penelitian ini. Manajemen perusahaan sebaiknya meningkatkan keputusan pembelian konsumen dengan memfokuskan pada kualitas produk serta ekuitas merek yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan menjadikan perusahaan sebagai perusahaan otomotif terbaik di wilayah Kotamobagu.

Kata kunci: kualitas produk, ekuitas merek, keputusan pembelian

Author Biographies

Endru K. Tundoong, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Silvya L. Mandey, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2014-06-03