ANALISIS NET PROFIT MARGIN PADA PERUSAHAAN DEPOT AIR MINUM DI LINGKUNGAN KAMPUS UNIVERSITAS SAM RATULANGI
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.2.2.2014.4992Abstract
Net Profit Margin (NPM) merupakan satu indikator penting dalam  mencapai tujuan perusahaan yang bermanfaat untuk menyediakan informasi bagi manajemen perusahaan mengenai efisiensi perusahaan berdasarkan perhitungan yang membandingkan antara laba bersih dan penjualan bersih. Efisiensi operasional perusahaan akan tercapai apabila perusahaan tersebut memperhatikan pengeluaran, pendapatan, dan laba bisnisnya sendiri. Berkaitan dengan peranan penting, NPM pada perusahaan, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis NPM pada usaha depot air minum. Depot air minum Scarlet, Michelle, dan Water merupakan depot air minum di lingkungan kampus Universitas Sam Ratulangi yang belum melakukan perhitungan NPM. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Depot Water memiliki kemampuan memperoleh laba lebih tinggi dibandingkan dengan depot Scarlet dan Michelle, dan perhitungan NPM belum menunjang kinerja ketiga depot yang bersangkutan. Sebaiknya manajemen setiap depot air minum mempertahankan kestabilan NPM dan berupaya melakukan peningkatan pada periode berikutnya, sehingga kinerja perusahaan meningkat.
Kata kunci: net profit margin, kinerja