PENGARUH PERSEPSI, SIKAP DAN MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN JASA PENGIRIMAN TIKI DI MANADO

Authors

  • Marisca C. Manoppo Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.3.1.2015.7086

Abstract

TIKI merupakan sebuah usaha jasa pengiriman di Indonesia. Jasa pengiriman barang (ekspedisi), memiliki peranan penting dalam menunjang kelancaran perekonomian nasional. Pentingnya jasa ekspedisi tercermin pada sarana dalam menunjang distribusi dan transportasi, sehingga dapat memperlancar arus barang. Tujuan penelitian adalah untuk menguji pengaruh persepsi, sikap, dan motivasi konsumen terhadap minat penggunaan jasa pengiriman TIKI Manado. Populasi penelitian sebanyak 5.462 konsumen/kiriman per bulan, dan sampel yang digunakan sebanyak 99 orang responden. Metode penelitian asosiatif dengan menggunakan metode regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan secara simultan, persepsi, sikap, dan motivasi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan jasa pengiriman TIKI Manado. Secara parsial sikap dan motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat penggunaan jasa pengiriman sedangkan persepsi tidak berpengaruh. Manajemen perusahaan sebaiknya lebih meningkatkan kualitas pelayanan agar kedepannya perusahaan jasa pengiriman menjadi lebih baik.

Kata kunci: persepsi, sikap, motivasi, dan minat pengguna jasa.

Author Biography

Marisca C. Manoppo, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2015-02-15