PENGARUH FASILITAS, STRATEGI PROMOSI, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA PADA MUSCLE GYM MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.3.1.2015.7239Abstract
Fenomena perkembangan kota yang maju dapat dilihat pada pesatnya perkembangan pusat perbelanjaan, jajanan, hiburan, dan olahraga. Salah satu diantaranya yang menarik masyarakat kota Manado adalah pusat kebugaran. Persaingan pusat kebugaran menuntut manajemen dan pengelola untuk bisa lebih bersaing. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh fasilitas, promosi, dan lokasi terhadap keputusan menggunakan jasa pada Muscle Gym Manado. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dan menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian di Muscle Gym Manado sebanyak 115 member aktif, dan seluruh polulasi dijadikan sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variable fasilitas, promosi, dan lokasi berpengaruh terhadap keputusan menggunakan jasa pada Muscle Gym Manado. Variable fasilitas merupakan variable yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa pada Muscle Gym Manado. Manajemen dan pengelola sebaiknya memperhatikan lokasi dan promosi untuk mempertahankan pelanggan yang ada dan untuk menarik konsumen lain menjadi member.
Kata kunci: fasilitas, promosi, lokasi