PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA TAPLUS BNI KANTOR CABANG UTAMA MANADO

Authors

  • Feiby Tombokan Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Lotje Kawet Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Yantje Uhing Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.9493

Abstract

Pertumbuhan ekonomi dan industri di Indonesia telah banyak mengalami kemajuan yang sangat pesat dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya produsen yang terlibat dalam pemenuhan keinginan konsumen sehingga menyebabkan setiap perusahaan harus menempatkan orientasi pada Konsumen sebagai tujuan utama. Salah satu dampak ekonomi global adalah persaingan yang semakin ketat. Hal ini menuntut para pelaku bisnis selalu berusaha menciptakan keunggulan agar perusahaan tetap survive.Suatu perusahaan harus senantiasa memperbaiki dan meningkatkan Kualitas Pelayanan yang diberikan agar supaya Konsumen yang merupakan sumber keuntungan akan selalu merasa dipuaskan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek secara bersama berpengaruh Terhadap Kepuasan Konsumen pengguna Taplus BNI. Metode analisis yang digunakan yaitu metode asosiatif. Teknik analisis data yang digunakan analisis Regresi Berganda. Hasil  penelitian secara simultan kualitas Pelayanan dan Citra Merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, secara parsial Kualitas Pelayanan dan Citra Merek berpengaruh Terhadap variabel Kepuasan Konsumen. Sebaiknya manajemen mempertahankan Pelayanan yang berkualitas yang ditawarkan kepada Konsumen bahkan mengembangkan keunggulan-keunggulan dari produk taplus di BNI sehingga Kepuasan Konsumen dapat tercapai.

Kata kunci:kualitas pelayanan, citra merek dan kepuasan konsumen

Author Biographies

Feiby Tombokan, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Lotje Kawet, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Yantje Uhing, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2015-09-17