PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK SAMSUNG BERBASIS ANDROID DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNSRAT

Authors

  • Gabriella R. Boky Universitas Sam Ratulangi Manado
  • James D.D. Massie Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.9497

Abstract

Produk alat komunikasi saat ini memiliki peran penting dalam lingkungan pendidikan.Dengan berkembangnya alat komunikasi yang semakin modern, lingkungan pendidikan pun dituntut untuk mengambil peran di dalamnya.Perkembangan alat komunikasi di Indonesia ditandai dengan lahirnya Smartphone yang dilengkapi dengan fitur untuk mengakses Jaringan Internet. Hal tersebut menuntut produsen Smartphone untuk menjangkau lebih banyak peminat, yaitu dengan semakin berinovasi dalam memasarkan produk serta menciptakan fitur-fitur bermanfaat terlebih khusus konsumen dalam lingkungan pendidikan.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh faktor internal yaitu psikologis, dan sosial, serta faktor eksternal yaituperiklanan, dan atribut produk terhadap keputusan pembelian smartphoneSamsung. Metode penelitian menggunakan data kuantitatif. Tempat penelitian di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat Manado.Sampel yang diambil sebanyak 50 responden. Metode analisis adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan faktor internal dan eksternal adalah fit dimana secara simultan dan parsial semua variabel berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen smartphone Samsung. Manajemen smartphone Samsungdiharapkan lebih melakukan inovasi yang lebih menarik dalam faktor periklanan dan atribut produk, demimeningkatkan penjualankhususnya dalam menjangkau konsumen muda di perguruan tinggi.

Kata kunci: faktor psikologis, sosial, periklanan, atribut produk, keputusan pembelian

Author Biographies

Gabriella R. Boky, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

James D.D. Massie, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2015-09-17