Karakteristik Kawasan Rawan Banjir pada Kec. Wanea Kota Manado dengan Pendekatan Sustainable Drainage System

Yulianti ., Fela Warouw, Linda Tondobala

Abstract


Sungai Sario mengalami perubahan pola sungai dampak dari pesatnya pembangunan sehingga masyarakat bermukim di sepanjang daerah aliran sungai karena berkurangnya lahan. Dengan perubahan pola sungai, menyebabkan perubahan pola arus air yang dapat menimbulkan masalah banjir. Salah satu daerah yang terdampak banjir yaitu di Kecamatan Wanea. Kodisi ini karena area sempadan sungai dimanfaatkan sebagai tempat tinggal.

Tujuan penelitian yaitu mengetahui karakteristik kawasan rawan banjir pada Kec. Wanea dengan pendekatan Sustainable Drainage System (SuDS).

Penelitian ini menggunakan metode analisis spasial dan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada tahap pertama penentuan lokasi penelitian pada DAS Sario, kemudian dilakukan proses identifikasi karakteristik kawasan berdasarkan kondisi fisik alami maupun fisik buatan kawasan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik fisik alami, yaitu : area datar sampai landai yang berada area sempadan sungai sebagai daerah luahan (discharge); kawasan berbukit (kelerengan >15%) yang berfungsi untuk meresapkan air permukaan (recharge); keanekaragaman hayati lokal di kawasan sempadan sungai, vegetasi yang ada, berupa pohon (kelapa,pisang), semak dan rumput serta habitat fauna pada area ruang terbuka yakni burung, ikan pada Lingkungan II Kelurahan Pakowa dan Lingkungan X Kelurahan Ranotana Weru. Karakteristik fisik buatan, yaitu: kawasan ruang terbuka berada di Lingkungan VI Kelurahan Pakowa dan Lingkungan V, VII dan X Kelurahan Ranotana Weru; merupakan kawasan dengan tingkat kepadatan hunian yang rendah; potensi banjir tertinggi berada pada lingkungan di sempadan sungai pada lokasi datar sampai landai; infrastruktur jalan dan drainase: jalan yang memiliki dan tidak memiliki drainase (terbuka dan tertutup), pedestrian dan jalur hijau.

Dengan diperolehnya karakteristik pada lokasi penelitian, maka tahapan selanjutnya adalah penentuan teknik Sustainable Drainage System (SuDS) yang sesuai dengan karakteristik kawasan yang telah diperoleh. 

 

Kata-kunci : Banjir, Daerah Aliran Sungai, Sustainable Drainage System


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.