Investigasi Kenyamanan Termal Pada Bangunan Sekolah di Kabupaten Minahasa Selatan

Virgino S. Moniaga, Jefrey I. Kindangen, Pingkan P. Egam

Abstract


Pelayanan pendidikan yang baik diperlukan untuk menjaga kesinambungan pembangunan di Kabupaten Minahasa Selatan sehingga bangunan sekolah yang nyaman menjadi suatu keharusan. Namun, berdasarkan survey awal lapangan didapati murid-murid merasa kondisi ruang kelas mereka tidak nyaman.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kenyamanan termal pengguna ruang kelas dan mengevaluasi kinerja termal ruang kelas. Lokasi penilitian adalah di bangunan sekolah SMA Negeri 1 Amurang dan SMK Negeri Amurang di kecamatan Amurang. Dalam penelitian ini diambil dua kelas dari tiap sekolah sebagai sampel penelitian.

Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif. Data yang diukur di lapangan adalah suhu udara, kelembaban relatif, suhu radiasi rata-rata dan kecepatan angin. Suhu radiasi rata-rata ditentukkan lewat pengukuran suhu permukaan bangunan dan perhitungan angle factor. Data preferensi dan persepsi murid-murid terhadap kenyamanan termal diperoleh melalui kuesioner.

Hasil perhitungan PMV menunjukkan bahwa tingkat kenyamanan termal di ruang kelas berada pada kondisi agak panas, panas dan sangat panas di rentang waktu 07.15-15.45 WITA.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ruang kelas berada pada kondisi tidak nyaman selama rentang waktu 07.15- 15.45 WITA. Pendekatan analisis arsitektur yang mendalam pada bangunan sekolah disarankan untuk memperbaiki tingkat kenyamanan termal ruang kelas.

 

Kata-kunci: Kenyamanan Termal, PMV, Ruang Kelas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.