Tingkat Pemahaman Penggunaan Material Reuse oleh Pelaku Konstruksi di Kota Manado

Tirza N. E. Sumilat, Sangkertadi ., Aristotulus E. Tungka

Abstract


Menggunakan kembali material bangunan yang masih memiliki sisa umur adalah salah satu cara untuk menerapkan suatu pola pembangunan berkelanjutan. Melalui cara tersebut akan terwujud penghematan bahan dan pengurangan limbah atau bahan sisa.

Pada artikel ini diuraikan kajian untuk mengetahui sampai dimana tingkat pemahaman tentang penggunaan material reuse di kota Manado. Aspek-aspek yang diperhatikan dalam penelitian ini adalah pemahaman pelaku konstruksi tentang material reuse, jenis-jenisnya, cara mendapatkannya dan produsen material reuse. Penelitian dilakukan pada rumah renovasi yang ada di kota Manado.

Pendekatan penelitian dalam kajian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan penilaian yang bersifat deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling yaitu sampling purposive,dengan skala pengukuran Likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku konstruksi paham tentang material reuse, mengetahui jenis-jenisnya, tapi karena belum ada pasar dan produsen material reuse di kota Manado sehingga pelaku konstruksi memperoleh material reuse dari lokasi rumah yang sedang melakukan renovasi. 

Kata-kunci : Pembangunan berkelanjutan, material reuse, pelaku konstruksi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.