Pengaruh Sikap Terhadap Perilaku, Norma Subyektif, Kontrol Perilaku Yang Dipersepsikan Dan Kepercayaan Pada Pemerintah Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dengan Niat Sebagai Variabel Intervening (Survey Pada KPP Pratama Manado)

Authors

  • JONES M. KARWUR
  • JULLIE J. SONDAKH
  • LINTJE KALANGI

DOI:

https://doi.org/10.35800/jjs.v11i2.30417

Abstract

 

 Abstrak. Penelitian ini menganalisis pengaruh variabel-variabel yang terdapat dalam Theory of Planned Behavior, yaitu sikap terhadap perilaku, norma subyektif, kontrol perilaku yang dipersepsikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan niat sebagai variabel intervening. Penelitian ini juga menguji apakah kepercayaan pada pemerintah mempengaruhi kepatuhan pajak wajib pajak orang pribadi. Sampel penelitian ini adalah wajib pajak yang terdaftar pada KPP Pratama Manado dengan kriteria wajib pajak orang pribadi non karyawan atau yang pajaknya tidak dipotong oleh pihak ketiga. Desain penelitian adalah survei dan instrument yang digunakan adalah kuisioner. Jumlah sampel sebanyak 115 wajib pajak orang pribadi. Alat uji yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan bantuan program SmartPLS. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa norma subyektif, kontrol perilaku yang dipersepsikan dan kepercayaan pada pemerintah berpengaruh langsung terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan sikap terhadap perilaku tidak berpengaruh langsung pada kepatuhan wajib pajak. Hasil studi juga menunjukkan bahwa sikap terhadap perilaku, norma subyektif dan kontrol perilaku yang dipersepsikan berpengaruh terhadap niat perilaku kepatuhan pajak. Hasil pengujian terakhir adalah niat berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak.

Kata Kunci: sikap terhadap perilaku, norma subyektif, kontrol perilaku yang dipersepsikan, kepercayaan pada pemerintah, niat, kepatuhan wajib pajak.


 

Downloads