KUALITAS PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE

Margryine Lidiawaty Tendeng

Abstract


Pelayanan merupakan tugas utama yang hakiki dari sosok aparatur, sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.Pemerintah sebagai service provider (Penyedia Jasa) bagi masyarakat dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas. Apalagi pada era otonomi daerah, kualitas dari pelayanan aparatur pemerintah akan semakin ditantang untuk optimal dan mampu menjawab tuntutan yang semakin tinggi dari masyarakat, baik dari segi kulitas maupun dari segi kuantitas pelayanan.

Namun saat ini masih sering dirasakan bahwa kualitas pelayanan publik jauh dari harapan masyarakat.Dikaitkan dengan lokasi penelitian Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kepulauan Sangihe, dimana salah satu tugas organisasi ini adalah menerbitkan Akta Kelahiran bagi masyarakat Kabupaten Sangihe.Mengingat betapa pentingnya arti kepemilikan akta bagi setiap anak, tapi pada kenyataannya bahwa tingkat kepemilikan akta kelahiran di Indonesia khususnya di Kabupaten Kepulauan Sangihe masih terbilang rendah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sangihe. Berdasarkan  hasil  penilitian, maka penulis menarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan publik, dalam hal ini pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan  Sipil  Kabupaten Sangihe  sudah  “berkualitas”.  Yang  dapat  dilihat dari Dari lima dimensi yang penulis gunakan untuk mengukur kualitas pelayanan, yaitu : Tangibles ( kenampakan fisik ), Reability (kehandalan),Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), Emphaty (empati).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.