IMPLEMENTASI ETIKA PEMERINTAHAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA APARATUR PEMERINTAH (Suatu Studi di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab. Sangihe)

MIRANDA SAMPEL

Abstract


Etika pemerintahan menjadi topic pembicaraan dewasa ini terutama dalam upaya mewujudkan aparatur pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Dalam kaitannya dengan pembangunan aparatur pemerintah memberikan arahan bahwa  “pembangunan aparatur pemerintah diarahkan pada peningkatan kualitas,  efisiensi dan efektifitas seluruh tatanan penyelenggara pemerintahan termasuk peningkatan kemampuan dan disiplin, pengabdian, keteladanan dan kesejahteraan aparatnya, sehingga secara keseluruhan makin mampu melaksanakan tugas pemerintahan.

Jadi fungsi utama dari aparatur pemerintah adalah mengabdi pada masyarakat dan pada kepentingan umum dengan alat perlengkapannya yang ada. Dalam melayani kepentingan umum aparatur pemerintah sebagai abdi, bukan sebaliknya mencari keuntungan atau mengutamakan kepentingan pribadi atau golongan. Dijalankannya etika pemerintahan oleh aparatur pemerintah akan berimplikasi langsung pada penyelenggaraan pemerintahan. Penyelenggaraan pemerintahan akan berjalan lancer dan sukses apabila perilaku aparatur pemerintah menjalankan tugasnya berdasarkan nilai-nilai etika.  Demikian juga sebaliknya penyelenggaraan pemerintahan akan terhambat dan bemasalah apabila perilaku aparatnya menyimpang dari nilai-nilai etika. Di Kantor dinas Pendidikan Pemudadan Olahraga Kabupaten Sangihe penereapan etika pemerintahan dalam meningkatkan kinerja aparatur berjalan dengan baik, adanya kesadaran dari aparatur berdampak meningkatknya kinerja aparat.

Key words :Etika, Pemerintahan

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.