KINERJA BKKBD DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA (Studi di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kecamatan Bintauna)

Harman Tamasoleng

Abstract


Penilaian kinerja merupakan suatu kegiatan yang sangat penting karena dapat digunakan sebagai ukuran keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai misinya. Sebagai suatu organisasi birokrasi yang melaksanakan fungsi pelayanan kepada masyarakat (public service), ternyata kinerja seringkali belum sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu permasalahan yang menyangkut kinerja aparat/birokrat secara khusus BKKBD (Badan Kependudukan, Keluarga Berencana Daerah) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara adalah kurangnya sosialisasi tentang program Keluarga Berencana kepada masyarakat yang mengakibatkan bertambahnya jumlah penduduk.  Hal ini disebabkan oleh tingkat kelahiran kasar yang cukup tinggi dan beberapa indikator lainnya. Seharusnya dengan hadirnya lembaga ini akan mampu membantu pemerintah daerah dalam upaya menekan angka pertumbuhan penduduk didaerah ini, melalui program keluarga berencana dimaksud.

Dalam penelitian ini, menggunakan penelitian dengan metode Kualitatif. Penelitian ini dibatasi atau difokuskan pada Bagaimana Kinerja dan faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja dari BKKBD dalam penyelenggaraan program KB di kabupaten Bolaang Mongondow Utara, kecamatan Bintauna. Untuk kinerja dibatasi pada Kualitas Layanan, Responsivitas, dan Akuntabilitas dari aparatur. Sedangkan untuk faktor yang mempengaruhi kinerja, ketika dilakukan penelitian ditemukan faktor-faktor seperti faktor Agama, Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi yang menurut kepala Badan bahwa beberapa faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap kinerja dari BKKBD dalam penyelenggaraan program Keluarga Berencana di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara umumnya, dan kecamatan Bintauna secara khusus. Oleh karena itu diharapkan dan disarankan kepada seluruh stakeholder yang ada didaerah ini untuk sama-sama mensukseskan program KB didaerah ini agar supaya pertumbuhan penduduk minimal ditekan berkurang.

Kata Kunci : Kinerja BKKBD, dan Faktor yang mempengaruhi Kinerja BKKBD

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.