Peranan Kepala Distrik Dalam Partisipasi Masyarakat di Bidang Pembangunan di Distrik Biak Barat Kabupaten Biak Numfor Propinsi Papua

Natalis Wanma

Abstract


Salah satu hal penting yang turut menentukan peranan Kepala Distrik dalam membantu kegiatan pelayanan dan penyelenggaraan pemerintah adalah usaha untuk membina dan menggerakan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Karena betapa pun besarnya peranan pemerintah yang dilakukan tanpa disertai dengan partisipasi masyarakat, maka segala program yang direncanakan oleh Kepala Distrik dalam peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan akan sangat diperlukan. Berdasarkan apa yang dikemukakan diatas maka Kepala Distrik memiliki peranan penting dalam melaksanakan dan menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan kepala Distrik dalam partisipasi masyarakat dibidang pembangunan di wilayah Distrik Biak Barat Kabupaten Biak Numfor berjalan sesuai dengan penggunaan anggaran yang bersumber dari dana otonomi khusus pemerintah provinsi Papua sejak tahun anggaran 2007 sampai dengan sekarang.

Peranan Kepala Distrik Biak Barat dalam partisipasi masyarakat di Bidang Pembangunan        dapat dilakukan sesuai dengan pelaksanaan program pembangunan kampung yang memperoleh dana bantuan  Rp. 100.000.000,- (Seratus juta rupiah).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.