EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN (studi tentang pelayanan pembuatan Akte Jual Beli dan Legalisir Surat-surat Keterangan)

IVANA SANDRA KAARO

Abstract


Pelayanan merupakan tugas utama bagi aparatur negara sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Tugas ini secara jelas telah digariskan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea Ke empat, yang meliputi empat aspek pelayanan pokok aparatur terhadap masyarakat yang berbunyi: Melindungi Segenap bangsa dan seluruh tumpah dara Indonesia emamjukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Seperti yang dikatakan Moenir (2001;IX) “ Pelayanan umum dan hak dasar warga Negara dan hak asasi saling berkaitan tidak terpisahkan satu sama lain ”.

Efektivitas pelayanan public di kecamatan singkil, terlihat berjalan dengan berdasarkan aturan yang ada, namun tetap tidak terlepas dari kelemahan dari aparat dan system yang ada. Dalam penelitian ini mambahas mengenai efektivitas pelayanan yang diberikan aparat kecamatan singkil terutama mengenai pembuatan akte jual beli dan legalisir surat.

Key words : Efektivitas, Pelayanan Publik


Refbacks

  • There are currently no refbacks.