EFEKTIVITAS ROLLING PEJABAT DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMERINTAH KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA

SRI FINDAWATY BABAY

Abstract


Kualitas pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara mempunyai kaitan langsung dengan proses pengangkatan dan penempatan yang dilakukan  pada awal seseorang  menduduki  jabatan  tertentu.

Pengangkatan dan penempatan pegawai yang tidak sesuai dengan kebutuhan akan menimbulkan pemborosan (inefisiensi dan inefektivitas) di sana-sini. Oleh karena itu proses  pengangkatan dan  penempatan  perlu  menjadi perhatian   semua   pihak,  terutama pengambil kebijakan agar dalam menjalankan rencana kerja Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara  terjadi  efisiensi dan efektifitas kerja.

Pelaksanaan pengangkatan pegawai dalam jabatan struktural dalam prakteknya sering tidak sesuai dengan peraturan. Hal inilah yang sering menimbulkan  masalah  kepegawaian  antara lain rasa tidak senang dengan pejabat yang diangkat karena merasa pengangkatan tersebut tidak adil. Rasa tidak senang ini sering kali berakibat menurunnya tingkat kerja sama dengan pejabat yang bersangkutan sehingga akhirnya pekerjaan yang menjadi tanggung jawab bersama antara pegawai yang bersangkutan dengan pejabat tersebut menjadi  kurang  baik hasilnya. Selain itu sering ada rasa kurang puas dari pegawai yang lain yang akhirnya  berakibat  pada  menurunnya prestasi kerja karyawan.

Sangat menarik untuk mengkaji lebih jauh persoalan Rolling Pejabat terutama efektivitasnya dalam meningkatkan kinerja pemerintah dalam hal ini penulis akan mengambil lokasi pengkajian di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

(Key Words : Efektivitas, Rolling Pejabat, Kinerja)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.