PERANAN PERANGKAT KECAMATAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN CAMAT PADA PELAKSANAAN PEMERINTAHAN DI KECAMATAN MALALAYANG

Andika Lontoh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  peranan perangkat Kecamatan Malalayang dalam pengambilan keputusan camat pada pelaksanaan pemerintahan di Kecamatan Malalayang. Secara operasional yang dimaksudkan dengan staf dalam penulisan ini adalah seluruh perangkat kecamatan sebagai bawahan dari Camat  Kecamatan Malalayang. Peranan perangkat Kecamatan Malalayang sebagai staf dalam rangka membantu camat mengambil keputusan, dilihat dari bagaimanan perangkat Kecamatan Malalayang  memberikan usul/saran berfungsi memecahkan masalah mencari alternatif pemecahannya, menela menganalisa dan menetapkan alternatif pemecahannya dan merumuskannya secara lengkap dan matang, untuk kemudian disarankan/diajukan kepada camat, sehingga camat dapat menjadikan kajian untuk menyetujui atau menolaknya.

Penyelenggara Pemerintahan Kecamatan dalam penelitian ini sesuai dengan Dalam Peraturan Daerah Kota Manado No. 6 Tahun 2008 Tentang  Orgaisasi dan Tata Kerja Pemerintah Kecamatan di Kota Manado, Pemerintah Kecamatan  terdiri dari : Camat dan Perangkat Kecamatan, sedangkan perangkat Kecamatan terdiri dari ; Sekretaris Kecamatan, Kepala-kepala Seksi dan pelaksana.

Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, fokus pada peranan perangkat Kecamatan Malalayang sebagai unsur staf untuk memberikan kontribusi dalam pengambilan keputusan camat pada pelaksanaan pemerintahan. Yang menjadi informan adalah camat dan  perangkat kecamatan diambil secara purposive  yang jumlahnya 21 orang pegawai. Pengumpulan data dilakukan wawancara. Teknik analisis  data dilakukan dengan cara mendeskripsikan tentang peranan perangkat Kecamatan Malalayang sebagai unsur staf dalam pengambilan keputusan camat pada pelaksanaan pemerintahan di Kecamatan Malalayang.

Hasil penelitian bahwa Camat Kecamatan Malalayang bahwa keputusan yang diambil dalam pelaksanaan pemerintahan yaitu selalu mengadaakaan koordinasi dan pengawasan pada pelaksanaan pemerintahan. Dari  hasil penelitian menunjukan bahwa  pengambilan keputusan untuk meningkatkan pelaksanaan fungsi koordinasi dalam manajemen pemerintahan akan memberikan peranan dalam meningkatkan pelayanan pegawai di lingkungan organisasi Pemerintah Kecamatan Malalayang Kota Manado. Baiknya pelaksanaan fungsi pengawasan dalam pelaksanaan pekerjaan di Kantor Kecamatan Malalayang Kota Manado menyebabkan kinerja pegawai dalam penyelenggaraan pemerintahan dapat lebih  baik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.