PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI DALAM PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR KELURAHAN PANIKI I KECAMATAN MAPANGET KOTA MANADO

Clif Yosias Weldy Suoth

Abstract


Manusia merupakan penggerak dan penentu jalannya suatu organisasi atau instansi-instansi. Karena pentingnya unsur manusia dalam menjalankan suatu pekerjaaan maka perlu mendapatkan perhatian dari pimpinan. Pegawai merupakan faktor penting dalam setiap organisasi baik dalam pencapaian tujuan kantor ataupun instansi secara efektif dan efisien. Suatu organisasi bukan hanya mengharapkan pegawai yang mampu, cakap, dan terampil, tetapi yang terpenting mereka mau bekerja giat dan berkeinginan untuk mencapai hasil kerja yang maksimal.

Keberhasilan suatu kantor juga dapat dilihat dari kemampuan kantor dalam meningkatkan kinerja kantor yang mana hal itu dapat tercapai tergantung pada kinerja pegawainya. Melihat pentingnya motivasi dan disiplin kerja bagi para pegawai, maka dalam hal ini Kantor Kelurahan Paniki Satu  Kecamatan Mapanget Kota Manado juga perlu memperhatikan hal tersebut agar dapat meningkatkan kinerja para pegawainya. Dimana Kantor Kelurahan paniki Kecamatan Mapanget Kota Manado tersebut masih ada permasalahan dalam hal motivasi dan disiplin kerja , yaitu masih adanya pegawai yang santai saat jam kerja sedang berlangsung tanpa aktivitas yang berarti, masih adanya pegawai yang sering datang terlambat, masih adanya kesenjangan yang terjadi misalnya masih kurangnya komunikasi dengan rekan kerjanya dalam kegiatan kantor sehari-hari, dan bahkan kurang puasnya jaminan hari tua serta pelayanan yang diberikan oleh sebagian masyarakat diaanggap belum maksimal.

Sesuai dengan tujuan penelitian yang telah dikemukakan dalam uraian pendahuluan dimuka, maka penelitian ini adalah merupakan suatu penelitian survey yang bersifat desktiptif kuantitatif. Hal ini sesuai dengan yang dikatakan oleh Arikunto (2000) bahwa suatu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan/melukiskan keadaan atau status suatu fenomena disebut penelitian deskriptif.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan sehubungan dengan pengaruh motivasi dan disiplin kerja pegawai dalam peningkatan kinerja di Kantor Kelurahan Paniki Satu Kecamatan Mapenget Kota Manado menunjukkan bahwa secara distribusi frekuensi terlihat dimana jumlah hasil disribusi baik menyangkut skor pilihan, maupun jumlah keseluruhan dan prosentasi memperlihatkan bahwa tingkat motivasi belum masih perlu ditingkatkan guna pencapaian kinerja pada penyelenggaraan Pemerintahan di Kelurahan Paniki Satu Kecamatan Mapanget Kota Manado. Demikian pula halnya dengan memperhatikan jumlah hasil disribusi baik menyangkut skor pilihan, maupun jumlah keseluruhan dan prosentasi memperlihatkan bahwa tingkat disiplin masih perlu ditingkatkan guna pencapaian kinerja pada penyelenggaraan Pemerintahan di Kelurahan Paniki Satu Kecamatan Mapanget Kota Manado.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.