KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS CATATAN SIPIL KABUPATEN MINAHASA SELATAN

Authors

  • Christian Poli

Abstract

Persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan pemerintah umumnya kinerjannya masih belum seperti yang di harapkan. Hal ini dapat di lihat antara lain dari banyaknya pengaduan atau keluhan dari masyarakat kepada kementrian pendayagunaan aparatur Negara (menpan) seperti menyangkut prosedur dan mekanisme kerja pelayanan yang berbelit-belit, tidak transparan, kurang informative, kurang akomodatif, kurang konsisten, terbatasnya fasilitas, sarana dan prasarana pelayanan, sehingga tidak menjamin kepastian (hukum, waktu, dan biaya) serta masih banyak di jumpai praktek penguatan liar serta tindakan-tindakan yang berindikasi penyimpangan dan KKN.

Buruknya kinerja pelayanan public ini antara lain dikarenakan belum di laksanakannya transparansi dan akuntabilitas (prinsip good governance) dalam penyelenggaran pelayanan public. Oleh karena itu, pelayanan public harus dilaksanakan secara transparan dan akuntabel oleh setiap unit pelayanan instansi pemerintah karena kualitas kinerja birokrasi pelayanan public memiliki implikasi yang luas dalam mencapai kesejahteraan masyarakat.

Published

2013-02-11

Issue

Section

Articles