PERANAN KARYAWAN PERUSAHAAN DAERAH PASAR TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA MANADO (SUATU STUDI DI PASAR TUMINTING)

MULYANTO TH. ENTE

Abstract


Guna mendongkrak PAD (Pendapatan Asli Daerah) demi kemajuan kota manado, setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dibebankan mencapai target PAD (Pendapatan asli daerah) yang telah ditetapkan. Target PAD (pendapatan Asli Daerah) memang harus bisa di penuhi oleh setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) karena sangat penting bagi jalannya pembangunan kota. Untuk meningkatkan pelaksanaan pembangunan dan pemberian pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan, pertumbuhan perekonomian di daerah, diperlukan penyediaan sumber-sumber pendapatan asli daerah  (PAD) yang hasilnya memadai. Upaya peningkatan penyediaan pembiayaan dari sumber tersebut,  antara lain, dilakukan dengan peningkatan  kinerja pemungutan, penyempurnaan dan penambahan jenis retribusi, serta pemberian keleluasaan bagi daerah.

Salah satu sumber terbesar dari pendapatan asli daerah (PAD) adalah pasar. Pasar adalah fasilitas yang disediakan oleh pemerintah yang berfungsi sebagai tempat aktifitas antara pedagang dan pembeli untuk berinteraksi. Lewat pungutan retribusinya diharapkan mampu meningkatkan pendapatan asli daerah  (PAD) Untuk memungut retribusi perlu di atur dan di tetapkan oleh perturan daerah. Reformasi dalam proses pemungutan di perusahaan daerah (PD) pasar perlu di lakukan agar memilki daerah hukum dan lebih kuat dan hasilnya sesuai dengan target serta dapat di gunakan untuk membiayai belanja pemerintah daerah Kota Manado.

(Kata Kunci : Peranan Karyawan Perusahaan Daerah, Pendapatan Asli Daerah (PAD), Retribusi)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.