Analisis Penempatan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintahan Kabupaten Sangihe (Studi Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe)

Authors

  • Johanis William Paraeng Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Sarah Sambiran Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Donald K Monintja Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Keberadaan sumberdaya manusia pada suatu lembaga akan membuat kinerjanya berjalan dengan baik apabila di kelola dan diatur dengan baik sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh pegawai tersebut, situasi tersebut berlaku juga pada instansi pemerintah yang didalamnya diisi oleh Aparatur Sipil Negara. Tipe penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menetapkan suatu fokus dalam penelitian ini dengan menggunakan teori yang diadopsi dari Schuler dan Jackson dalam Sastrohadiwiryo (2007:276) mengemukakan aspek-aspek yang harus dipenuhi dalam penempatan pegawai adalah sebagai berikut: Pengetahuan; Keterampilan; Kemampuan; Kepribadian. sesuai dengan hasil penelitian rata-rata pegawai yang ada di BKD telah memiliki kesesuaian latar belakang pendidikan formal, sehingga dari latar belakang pendidikan tersebut dapat meningkatkan kompetensi pegawai agar dapat melaksanakan tugas kerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing, penempatan pegawai merupakan proses rekrutmen pegawai untuk menjadi posisi atau jabatan sesuai dengan bidang serta pendidikan. aspek keterampilan kerja yang dimiliki pegawai di Kantor BKD Kabupaten Kepulauan Sangihe telah sesuai dengan hasil yang diharapkan.

 

Kata Kunci : Penempatan, Pemerintahan, Aparatur Sipil Negara

Downloads

Published

2021-07-19

Issue

Section

Articles