Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Di Desa Inobonto Dua Kecamatan Bolaang Kabupaten Bolaang Mongondow

Authors

  • Kalvin Oktavianus Karanda Program Studi Ilmu Pemerintahan FISPOL-Unsrat
  • Fanley N Pangemanan Program Studi Ilmu Pemerintahan FISPOL-Unsrat
  • Neni Kumayas Program Studi Ilmu Pemerintahan FISPOL-Unsrat

Abstract

Indonesia sebagai negara yang memiliki potensi keanekaragaman hayati dan non hayati terbesar di dunia. Indonesia memiliki 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut, dan 950 spesies terumbu karang. Indonesia yang kaya akan sumber daya laut, seharusnya mampu mensejahterakan kehidupan masyarakat nelayan dari hasil lautnya tersebut. Meskipun demikian, dalam kenyataannya kehidupan masyarakat nelayan seringkali dikaitkan dengan kemiskinan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan adalah dengan melaksanakan pemberdayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Dalam meningkatkan Kesejahteraan di Desa Inobonto Dua Keccamatan Bolaang Kabupaten Bolaang Mongondow dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini berdasarkan teori Zubaedi (2013) Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat golongan masyarakat yang sedang dalam kondisi miskin, sehingga mereka dapat melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan. Pemberdayaan adalah upaya untuk membangun kemampuan masyarakat, dengan mendorong, memotivasi, membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki dan berupaya untuk meningkatkan serta mengembangkan potensi tersebut agar menjadi nyata. Dari hasil penelitian ini didapati dalam proses Pemberdayaan Masyarakat Nelayan di Desa Inobonto Dua Kecamatan Bolaang Kabupaten Bolaang Mongondow telah dilaksanakan oleh pemerintah Desa beserta Masyarakat walauapun dalam pelaksanaanya masih ditemukan beberapa permasalahan..

 

Kata Kunci : Pemberdayaan, Masyarakat Nelayan, Kesejahteraan

Downloads

Published

2022-04-06

Issue

Section

Articles