Hubungan antara Beban Kerja dengan Kelelahan Kerja pada Petani

Authors

  • Mira Lestari Wurarah
  • Paul A.T. Kawatu
  • Rahayu Hasan Akili

DOI:

https://doi.org/10.35801/ijphcm.1.2.2020.28661

Keywords:

Beban Kerja, Kelelahan Kerja, Petani

Abstract

Latar Belakang: Beban kerja menentukan berapa lama seseorang dapat bekerja sesuai dengan kapasitas kerjanya. Beban kerja petani lebih diarahkan pada kemampuan petani untuk melakukan semua kegiatan yang harus dilakukan dengan hati-hati. Tuntutan pekerjaan yang berlebihan dapat menyebabkan beban kerja dan gangguan stress mental pada petani. Kelelahan kerja masih merupakan salah satu faktor terbesar yang menyebabkan kecelakaan di tempat kerja. Beban kerja  sesuai dengan kemampuan psikis dan fisik pekerja mrupakan salah satu faktor penyebab kelelahan kerja. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan antara beban kerja dengan kelelahan kerja pada petani di Desa Tumaratas Kecamatan Langowan Barat Kabupaten Minahasa. Metode Penelitian: Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tumaratas Kecamatan Langowan Barat Kabupaten Minahasa pada bulan Desember 2019 sampai bulan Januari 2020. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif analitik dengan desain potong lintang dan jumlah sampel 85 orang. Instrumen yang digunakan ialah kuesioner NASA-TLX dan reaction timer. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji korelasi Spearman Rank. Hasil Penelitian: Hasil uji spearman rank terhadap hubungan antara beban kerja dengan kelelahan kerja mendapatkan nilai Ï value= 0,004 (<0,05). Kesimpulan: Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat hubungan bermakna antara beban kerja dengan kelelahan kerja pada petani di Desa Tumaratas Kecamatan Langowan Barat Kabupaten Minahasa.

References

Achmadi. 2014. Kesehatan Masyarakat Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Anonimous. 2019. Data Kependudukan Desa Tumaratas Kecamatan Langowan Barat

Hastono, S. P. 2016. Analisis Data Pada Bidang Kesehatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mamusung, N. I., Kawatu, P. A., & Sumampouw, O. J. (2019). Hubungan antara kelelahan kerja dengan stres kerja pada petugas karcis parkir kawasan mega mas kota manado. KESMAS, 8(7).

Maurits, L. S. K. 2012. Selintas Tentang Kelelahan Kerja. Yogyakarta: Amara Books

Reppi, G. 2019. Hubungan Antara Beban Kerja Fisik Dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Industri Pembuatan Mebel Kayu Di Desa Leilem Satu. Jurnal. Universitas Sam Ratulangi. Vol 1, Nomor 1. diakses pada 27 Januari 2020

Sujarweni, V. W. 2015. Statistik Untuk Kesehatan. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Suma’mur. 2009. Hygiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (HIPERKES).

Jakarta. Sagung Seto.

Suma’mur. 2014. Higiene Perusahaan Dan Kesehatan Kerja (Hiperkes). Jakarta: Sagung Seto

Tarwaka. 2014. Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Surakarta. Harapan Press.

Tarwaka. 2015. Ergonomi Industri. Surakarta. Harapan Press.

Downloads

Published

2020-05-27

Issue

Section

Articles