Apakah Faktor Lingkungan Fisik Rumah Berhubungan dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue?

Blessy Ezra Dompas, Oksfriani Jufri Sumampouw, Jootje M.L. Umboh

Abstract


Latar Belakang: Indonesia sebagai negara tropis merupakan kawasan endemis berbagai penyakit menular. Beberapa penyakit menular endemis yang terjadi di Indonesia diantaranya yaitu diare, tuberculosis, malaria, filariasis dan demam berdarah dengue (DBD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor lingkungan fisik rumah dengan kejadian DBD di wilayah kerja Puskesmas Likupang Timur. Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan menggunakan rancangan penelitian potong lintang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2019 - Februari 2020 di wilayah kerja Puskesmas Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara. Sampel dalam penelitian ini yaitu 60 responden. Instrumen penelitian dalam penelitian ini yaitu lembar kuesioner dan lembar observasi dilakukan dengan pengamatan secara langsung terhadap responden dengan analisi bivariate menggunakan Khi kuadrat. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil analisis statistik antara tempat penampungan air dengan kejadian DBD diperoleh nilai p sebesar 0.002 artinya ada hubungan antara tempat penampungan air dengan kejadian DBD. Selanjutnya hasil uji hubungan antara tempat pembuangan sampah dengan kejadian DBD diperoleh nilai p sebesar 0.002 artinya ada hubungan antara tempat pembuangan sampah dengan kejadian DBD di wilayah kerja Puskesmas Likupang Timur. Kesimpulan: Faktor penampungan air dan tempat pembuangan sampah yang tidak memenuhi syarat merupakan faktor yang berhubungan dengan kejadian DBD di wilayah kerja Puskesmas Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara.

Keywords


Lingkungan fisik rumah; Demam Berdarah Dengue

Full Text:

PDF

References


Achmadi, U. F. 2014. Dasar- dasar Penyakit Berbasis Lingkungan.

Aditama T. 2011. Modul pengendalian Demam Berdarah Dengue. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehat Lingkungan: pp. 19-23. Jakarta.

Ardianti. 2018. Beberapa faktor yang berhubungan dengan kejadian demam berdarah dengue (DBD) di kelurahan ploso kecamatan pacitan tahun 2018. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara. Profil Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara 2016,2017, 2018.

Duma N. 2017. Darmawansyah, Arsin A. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue Di Kecamatan Baruga Kota Kendari. Analisis, Vol. 4 No.2; 2017.

Djunaedi D. 2014. Demam Berdarah Dengue: Epidemiologi, Imunopatologi, Patogenesis, Diagnosisi dan Penatalaksanaannya. Malang: UMM Press.

Ferdiansya S. 2016. Aktivitas Nokturnal Vektor DBD di Beberapa Daerah di Indonesia. Jurnal Entomologi Indonesia. Vol. 9. No. 1: 1-6

Hardriyanti I., 2016. Pemberantasan Vektor Demam Berdarah di Indonesia. USU Digital Library.

Kemenkes RI. 2011. Modul Pengendalian DBD. Dirjen PP&PL. Jakarta.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1077/MENKES/PER/V/2011tentang Pedoman Penyehatan Udara Dalam Ruang Rumah.

Kementrian Kesehatan RI. 2016. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015, 2016. Jakarta: Depkes RI.

Luluk. M. 2017. Hubungan Faktor Lingkungan dan Praktik Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kecamatan Ngawi Luluk Masruroh. Jurnal kesehatan Masyarakat Vol. 4 No. 4.

Nafizar, J. 2016. Studi Faktor Container Index, House Index, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat, Praktik Buang Sampah, Tingkat Stress dan Kejadian DBD Di Kota Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang; 2016.

Najmah. 2016. Epidemiologi Penyakit Menular. CV Trans Info Media. Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2011. Kesehatan Masyarakat: Ilmu dan Seni. Jakarta : Rineka Cipta.

Notoatmodjo. S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Profil Puskesmas Lilupang Timur. 2019. Profil Kesehatan UPTD Puskesmas Likupang Timur. Kabupaten Minahasa Utara : Puskesmas Likupang Timur

Prasasti dan Prasetya, Irawan. (2005). Media Sederhana. Jakarta: PAU Dirjen Dikti Depdiknas.

Sumampouw, O. J. 2017. Pemberantasan Penyakit Menular. Deepublish.

Sumampouw, O. J. 2019. Perubahan Iklim Dan Kesehatan Masyarakat. Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.35801/ijphcm.1.2.2020.28662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.