Kualitas Jasa Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Poliklinik Penyakit Dalam

Authors

  • Yulnisye Wansaga Universitas Sam Ratulangi
  • Franckie Rudolf Raymond Maramis
  • Ribka Elisabeth Wowor

DOI:

https://doi.org/10.35801/ijphcm.1.3.2020.28873

Keywords:

Kualitas jasa pelayanan, Kepuasan pasien.

Abstract

Latar Belakang: Kualitas jasa pelayanan didefinisikan sebagai seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan pasien atas pelayanan yang diterimanya, jika kenyataan sama bahkan lebih dari yang diharapkan maka pelayanan tersebut sehingga memberikan kepuasan kepada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas jasa pelayanan yaitu pada dimensi kehandalan, jaminan, tampilan/bukti fisik, kepedulian dan ketanggapan dengan kepuasan pasien rawat jalan Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Talaud.  Metode: Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif menggunakan survei analitik dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 595 pasien maka sampel yang diambil berjumlah 86 responden. Instrumen pengambilan sampel menggunakan kuesioner, dengan metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Talaud pada bulan Oktober 2019. Variabel dalam penelitian ini adalah kualitas jasa pelayanan dan kepuasan pasien. Uji statistik yang digunakan untuk mengetahui hubungan antar variabel menggunakan menggunakan uji chi square dengan CI= 95% (α= 0,05). Hasil: Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai probabilitas hubungan kehandalan dengan kepuasan pasien (p=0,000), hubungan jaminan dengan kepuasan pasien (p=0,000), hubungan tampilan/bukti fisik dengan kepuasan pasien (p=0,000), hubungan kepedulian dengan kepuasan pasien (p=0,000), hubungan ketanggapan dengan kepuasan pasien (p=0,000). Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kualitas jasa pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Talaud.

References

Anonim. 2019. Profil Rumah Sakit Umum Daerah Talalud Kabupaten Kepulauan Talaud.

Bata,Y. 2013. Hubungan Kualitas PelayananKesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna Askes pada Pelayanan Rawat Inap di RSUD Lakkipadada Kabupaten Tanah Toraja Tahun 2013.

Calundu, R. 2018. Manajemen Kesehatan. CV Sah Media: Makasar.

Damopolii, S. H., Tucunan, A. A., & Maramis, F. R. (2019). Hubungan antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RS Bhayangkara Tk III Manado. KESMAS, 7(5).

Gerson RF. 2014. Mengukur Kepuasan Pelanggan Edisi terjemahan. PPM: Jakarta.

Hatibie, T. W. (2015). Analisis Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Jalan Bedah RSUP Prof. Dr. RD Kandou Manado. JIKMU, 5(4).

Herlambang, S. 2016. Manajemen Pelayanan Rumah Sakit. Goysen Publishing.

Notoadmodjo, S. 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta: Jakarta.

Manganang, L., Tucunan, A. A., & Rumayar, A. A. (2016). hubungan antara kualitas jasa pelayanan dan kepuasan pasien rawat jalan di Poliklinik penyakit dalam RSUD Liun Kendage Tahuna. ikmas, 1(3).

Supartiningsih, S. (2017). Kualitas pelayanan kepuasan pasien rumah sakit: kasus pada pasien rawat jalan. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 6(1), 9-15.

Tjiptono, F. 2011. Service Manajement: Mewujudkan Layanan Prima Edisi: Ketiga. Andi Offsit: Yogjakarta.

Togas, J. 2015. Hubungan antara Kualitas Jasa Pelayanan Dokter dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Hanna di RSU. Pancaran Kasih GMIM Manado.

Wowor, J., Rumayar, A. A., & Maramis, F. R. (2019). Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Cantia Tompaso Baru. KESMAS, 8(6).

Downloads

Published

2020-06-23

Issue

Section

Articles