Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK PENGAJUAN ARTIKEL

Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) hanya memuat artikel penelitian (research article) di bidang administrasi bisnis. Artikel yang dikirimkan kepada redaksi belum pernah dimuat atau tidak sedang diajukan untuk dimuat pada media cetak lainnya, dibuktikan dengan surat pernyataan penulis yang bisa disertakan pada saat online submission.

Pengiriman artikel ke Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) dapat dilakukan melalui sistem daring (online submission), dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Naskah dikirimkan melalui Sistem Pengajuan Daring (Online Submission System) pada portal elektronik Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) di sini
  2. Penulis harus mendaftarkan diri di laman Register di sini. Pilih (centang) peran sebagai “Author ” untuk dapat mengirimkan naskah secara online.
  3. Setelah proses registrasi selesai, masuk (log in) sebagai “author” menggunakan nama pengguna (username) dan kata sandi (password) pada saat registrasi.
  4. Mulai pengiriman artikel dengan cara klik “New Submission”. Pengiriman artikel terdiri dari 5 tahap: (1). Start, (2). Upload Submission, (3). Enter Metadata, (4). Upload Supplementary Files, (5). Confirmation.
  5. Pada kolom “Start”, pilih "Journal Section (Article)". Centang semua opsi pada “Submission Checklist” dan “Copyright Notice”. Klik “Save and continue”.
  6. Pada kolom “Upload Submission”, unggah naskah dalam format MSWord. Klik “Save and continue”.
  7. Pada kolom “Enter Metadata”, isi kolom “Author” (data penulis dan afiliasinya) serta “Title and Abstract” (Judul Artikel dan Abstrak). Isi kolom lain (Indexing, Supporting agencies, References) yang sesuai dengan naskah. Klik “Save and continue”.
  8. Pada kolom “Upload Supplementary Files”, penulis wajib mengunggah file surat pernyataan penulis dan dapat menggunggah file pendukung lain seperti kuesioner penelitian, data set, atau material lain yang mendukung penulisan artikel. Klik “Save and continue”.
  9. Pada kolom “Confirmation”, apabila seluruh data yang diisi telah sesuai, klik “Finish Submission”.
  10. Apabila penulis menemukan permasalahan dalam proses pengiriman naskah melalui sistem daring (online), silakan menghubungi tim editor dengan alamat email jab.unsrat@gmail.com.
  11. Artikel akan dikirim kepada reviewer dan mitra bestari untuk dilakukan double blind review. Penulis yang artikelnya dimuat, wajib membayar kontribusi biaya cetak sebesar Rp 800.000 untuk setiap judul dan akan menerima bukti pemuatan sebanyak 1 (satu) eksemplar.

Untuk memastikan bahwa artikel yang dikirim ke jurnal ini sesuai dengan template penulisan dan pernyataan etika, silakan merujuk ke template yang disediakan dengan mengklik pernyataan template dan etika publikasi

Judul: ditulis secara singkat, padat, hingga 14 kata, dan harus mencerminkan fokus yang diuraikan dalam badan artikel. Nama Penulis: ditulis tanpa judul, terletak di bawah judul; Artikel yang berasal dari penelitian kelompok, semua anggota harus terdaftar dalam urutan yang sama.

Instansi dan Alamat Penulis: tulis nama lembaga asal penulis dan alamat email yang berada di bawah nama penulis; Jika penulis lebih dari satu, gunakan alamat email penulis pertama.

Abstrak: ditulis dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris, sebuah paragraf yang panjangnya antara 100-200 kata. Abstrak terdiri dari tujuan, metode, dan hasil.

Kata kunci: diisi dengan kata-kata atau istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam lingkup masalah, terdiri dari beberapa kata / istilah dan disebutkan dalam judul / abstrak. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dengan spasi satu baris dan dicetak tebal. Artikel Batas Tubuh: Artikel terdiri dari latar belakang pengantar dan / atau tinjauan literatur terbaru (maksimal 20%), metode (15%), hasil dan diskusi (60%), dan kesimpulan (5%). Diskusi harus dilengkapi dengan referensi dari referensi / sumber utama dan terkini.

Pendahuluan: Isi pendahuluan adalah hal mendasar atau urgensi permasalahan yang melatarbelakangi ditulisnya kajian/penelitian, ditulis dengan huruf Times New Roman 12.

Tinjauan Pustaka: Isi Tinjauan Pustaka adalah peninjauan kembali pustaka-pustaka yang terkait (review of related literature). Sesuai dengan arti tersebut, suatu tinjauan pustaka berfungsi sebagai peninjauan kembali (review) pustaka (laporan penelitian, dan sebagainya) tentang masalah yang berkaitan—tidak selalu harus tepat identik dengan bidang permasalahan yang dihadapi—tetapi termasuk pula yang seiring dan berkaitan (collateral). Sumber referensi harus mengandung 80% artikel jurnal, prosiding, atau hasil penelitian maksimal sepuluh tahun terakhir.

Metode Penelitian: Isi metode kajian adalah teknik pengumpulan data, sumber data, cara analisis data, uji korelasi, dan sebagainya, ditulis dengan huruf Times New Roman 12. Dalam bab ini dapat juga dicantumkan rumus ilmiah yang digunakan untuk analisis data/uji korelasi.

Hasil Dan Pembahasan: Bahasan utama berisi hasil dan pembahasan, ditulis dengan huruf Times New Roman 12. Hasil bukan merupakan data mentah, melainkan data yang sudah diolah/dianalisis dengan metode yang telah ditetapkan. 

Pembahasan harus mengandung 3 pokok kunci:

  1. How? Menuliskan esensi hasil (finding), apa temuannya, highlightnya dituliskan dalam HASIL
  2. Why? Kuat dari sisi ilmiah, pada bagian pembahasan terlihat adanya kaitan antara hasil yang diperoleh dan konsep dasar dan/atau hipotesis atau keterkaitan antara hasil kinerja dan hasil analisis
  3. What else? Membandingkan hasil penelitian dengan hasil penelitian sebelumnya, apakah ada kesesuaian atau pertentangan dengan hasil penelitian orang lain? Apa penyebabnya?

Pembahasan adalah perbandingan hasil yang diperoleh dengan konsep/teori yang ada dalam tinjauan pustaka. Isi hasil dan pembahasan mencakup pernyataan, tabel, gambar, diagram, grafik, sketsa, dan sebagainya.

Simpulan

Isi kesimpulan ditulis huruf Times New Roman 12. Kesimpulan merupakan ikhtisar dari penelitian yang telah dilakukan. Kesimpulan bukan merupakan ringkasan dari hasil pembahasan yang mengacu pada teori tertentu, tetapi hasil dari analisis/uji korelasi data yang dibahas dan di diskusikan.

Referensi: mengolah sebagian besar sumber primer terbaru (jurnal) (5-10 tahun) dan hanya memasukkan sumber daya yang ditunjuk dalam badan artikel. Sebaliknya, nama-nama yang dirujuk dalam tubuh harus dalam daftar pustaka. Daftar pustaka tidak mengandung karya penulis sendiri. Referensi ditulis berdasarkan kutipan APA.

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)
Authors are not required to pay an Article Submission Fee as part of the submission process to contribute to review costs.

Fast-Track Review: 0.00 (IDR)
With the payment of this fee, the review, editorial decision, and author notification on this manuscript is guaranteed to take place within 4 weeks.

Article Publication: 800000.00 (IDR)
If this paper is accepted for publication, you will be asked to pay an Article Publication Fee to cover publications costs.

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.