ANALISIS SEKTOR EKONOMI UNGGULAN DALAM MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN/KEPULAUAN SANGIHE

Authors

  • Vicky Y Takalumang Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia

Abstract

Kabupaten/Kepulauan sangihe yang merupakan salah satu kepulauan yang ada di sulawesi utara. Laju pertumbuhan ekonomi kepulauan sangihe terus meningkat akan tetapi masih di bawah laju pertumbuhan provinsi sulawesi utara  oleh karena itu, perlu adanya strategi atau rencana dalam mendorong dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kepulauan sangihe. Dengan adanya strategi perencanaan pembangunan ekonomi yang baik dan sesuai dengan kondisi daerah tersebut dalam hal ini kepulauan sangihe akan mendorong dan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis analisis sektor ekonomi unggulan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kepulauan sangihe. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis location quetiont (lq) dan shift share.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa Kabupaten Kepulauan  Sangihe dari 17 sektor terdapat 6 sektor yang basis atau unggulan. sektor Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib, sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan, sektor Real Estate, sektor Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor dan yang terakhir sektor Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial. Sektor-sektor ini merupakan sektor Basis atau unggulan artinya, sektor-sektor ini telah mampu memenuhi kebutuhan daerahnya sendiri. Secara umum dapat pula diartikan bahwa sektor-sektor basis tidak hanya mampu berproduksi untuk memenuhi kebutuhan daerahnya sendiri, tetapi juga mampu memasok untuk kebutuhan daerah lain. Perekonomian Kabupaten Kepulauan Sangihe mendapatkan hasil yang sangat positif terhadap nilai Total Kinerja selama kurun waktu 2010-2015 karena mengalami kenaikan nilai absolute serta keunggulan kinerja perekonomian daerah.

 

Downloads

Published

2018-06-05

Issue

Section

Articles