FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENDAPATAN PADA PEMILIK WARUNG SEMBAKO DI KOTA MANADO

Authors

  • Moniaga Brenda Rapunzel Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia
  • Vekie A Rumate
  • Irawaty Masloman

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan tolak ukur dalam keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara. Salah satu sektor yang memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi berasal dari sektor perdagangan. Dalamusahapercepatanekonomi, perdagangan diperlukan sebagai suatu keharusan karena menjamin kelangsungan proses pembangunan ekonomi jangka panjang dengan laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berkelanjutan yang menghasilkan meningkatnya pendapatan perkapita setiap tahun.

                Perdagangan merupakan akar pokok pembangunan nasional dan pembangunan daerah, yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang maju dan mandiri serta sejahtera lahir dan batin. Selain berperan strategis untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi.Sektor perdagangan berperan penting dalam menciptakan lapangan usaha, serta memperluas lapangan kerja, meningkatkan serta mendorong pembangunan daerah, meningkatkan serta meratakan pendapatan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pendapatan pada pemilik warung sembako di kota Manado. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model regresi linier berganda.Semua uji statistik yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan Software SPSS versi 22. Sampel yang digunakan sebanyak 33 responden dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel modal usaha , jam kerja, lama usaha, pendidikan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pedagang warung sembako di kota Manado.

Downloads

Published

2017-09-20

Issue

Section

Articles