PENGARUH ANGGARAN KESEHATAN, PENDIDIKAN DAN SOSIAL TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN KABUPATEN MINAHASA (STUDI PADA KEBIJAKAN OPERASI DAERAH SELESAIKAN KEMISKINAN)

Authors

  • Paulo Grasiano Izaak Kawatu 123Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia
  • Daisy S. M. Engka
  • Krest D. Tolosang

Abstract

  • Kabupaten Minahasa merupakan salah satu kabupaten yang memiki masalah kemiskinan terbanyak di Provinsi Sulawesi Utara. Terdapat beberapa program pemerintah pusat yang bersinergi dengan program pemerintah daerah untuk menopang program percepatan penanggulangan kemiskinan yaitu program ODSK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh anggaran di bidang Kesehatan, Pendidikan, dan Sosial, terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Minahasa serta untuk mengetahui pengaruh anggaran di bidang Kesehatan, Pendidikan dan Sosial secara bersamaan, terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Minahasa.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data langsung di lapangan (Field Research) dan studi dokumentasi sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Kebijakan di bidang Kesehatan yaitu Kartu Indonesia Sehat (KIS) tidak memberikan pengaruh dalam penurunan kKemiskinan di Kabupaten Minahasa. Kebijakan di bidang Pendidikan memberikan pengaruh  negatif terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Minahasa, atau dengan kata lain Kebijakan dibidang pendidikan yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP) memberikan pengaruh dalam penurunan Kemiskinan di Kabupaten Minahasa. Kebijakan di bidang Sosial yaitu Bantuan Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) tidak memberikan pengaruh dalam penurunan Kemiskinan di Kabupaten Minahasa. Kebijakan Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan di bidang Kesehatan, Pendidikan dan Sosial tidak memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap tingkat penurunan kemiskinan di Kabupaten Minahasa.

Downloads

Published

2018-07-18

Issue

Section

Articles