ANALISIS PENGARUH FIRM SIZE, DEBT TO EQUITY RATIO DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO TERHADAP KEPUTUSAN LINDUNG NILAI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN INDONESIA (STUDI EMPIRIS PADA BANK UMUM DEVISA YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2013-2017)

Authors

  • Alprayanto Marsel Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Jl. Kampus Bahu, Manado, 95115, Indonesia
  • Jenny Morasa
  • Robert Lambey

Abstract

Lindung nilai adalah alternatif dalam penanganan resiko keuangan yang dihadapi oleh suatu perusahaan yang bertujuan untuk melindungi aset dari resiko keuangan yang terjadi di suatu perusahaan, aktivitas lindung nilai umumnya dilakukan dengan menggunakan suatu instrumen lindung nilai, salah satu instrumen lindung nilai yang sering digunakan adalah instrumen derivatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel-variabel independen yang meliputi firm size, DER, dan LDR terhadap Keputusan Hedging.

Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan tahunan dari 22 perusahaaan perbankan yang terdaftar di BEI periode 2013 sampai dengan 2017. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan ketentuan perusahaan yang menerbitkan laporan keuangannya secara lengkap. Analisis data menggunakan uji regresi logistik karena data yang digunakan bersifat metrik dan non metrik. Dengan analisis regresi logistik dapat dilihat bagaimana variabel – variabel independen mempengaruhi perusahaan melakukan hedging. Hasil penelitian ini menemukan bahwa firm size berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Lindung Nilai, sedangkan untuk variabel lainnya tidak berpengaruh terhadap Keputusan Hedging.

Downloads

Published

2018-07-19

Issue

Section

Articles