PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH PADA BIDANG PENDIDIKAN DAN KESEHATAN TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN HALMAHERA UTARA.

Authors

  • Sal Diba Susen Pake Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulngi, Manado 95115, Indonesia
  • George M.V. Kawung
  • Antonius Y. Luntungan

Abstract

Pembangunan merupakan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan bangsa dan pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator untuk menilai keberhasilan pembangunan dari suatu negara. Dan salah satu tolak ukur yang digunakan dalam melihat kualitas hidup manusia adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang diukur dengan melihat tingkat kualitas pendidikan dan kesehatan. Tingginya Indeks Pembangunan Manusia tersebut terkait erat dengan kebijakan pemerintah dalam pengeluaran sektor publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengeluaran pemerintah pada bidang pendidikan dan kesehatan. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder adalah data yang telah tersedia pada instansi pemerintah yang terlibat pada tahun 2007-2016. Model analisis yang digunakan adalah model analisis regresi liniear berganda dengan bantuan program SPSSV.17. Hasil analisis regresi menunjukan bahwa pengeluaran pemerintah pada bidang pendidikan memilik tanda positif  namun kurang berpengeruh secara signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Halmahera Utara. Pengeluaran pemerintah pada bidang kesehatan memiliki tanda positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Halmahera Utara. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa secara bersama-sama pengeluaran pemerintah  di bidang pendidikan dan kesehatan bertanda positif dan berpengaruh secara signifikan.

Downloads

Published

2018-09-27

Issue

Section

Articles