ANALISIS PENGARUH INFRASTRUKTUR JALAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN KAIMANA 2007-2017

Authors

  • Paulus Iriyena 123Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia
  • Amran T. Naukoko
  • Hanly F. DJ. Siwu

Abstract

Infrastruktur merupakan sarana public primer dalam menjalankan perekonomian suatu Negara,infrastruktur dapat mendukung aktivitas ekonomi masyarakat dan kelancaran distribusi aliran barang, dengan adanya infrastruktur yang memadai akan terselenggara system transportasi yang efektif. Jalan merupakan salah satu infrastruktur yang paling sering digunakan untuk suatu wilayah agar pertumbuhan ekonomi meningkat.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengeluaran pemerintah untuk infrastruktur jalan terhadap Kabupaten Kaimana, dan data yang di gunakan adalah data sekuder dalam bentuk deret berkala (time series) periode 2007-2017. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda Penelitian ini menggunakan pertumbuhan ekonomi dan kondis jalan sebagai variabel dependen dan haruas analisis menujukkan bahwa pengeluaran pemerintah sebagai variabel independent. untuk infrastruktur jalan berkorelasi positif namun tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan kondisi jalan memiliki hubungan negatif terhadap pertumbuhan ekonomi.

Downloads

Published

2019-07-02

Issue

Section

Articles