KAJIAN SEKTORAL PEREKONOMIAN KOTA TOMOHON (Analisis Basis dan Daya Saing)

Authors

  • Krest D. Tolosang Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado,95115,Indonesia

Abstract

Pengembangan wilayah memiliki makna sebagai semua upaya yang dilakukan untuk menciptakan pertumbuhan wilayah yang ditandai dengan pemerataan pembangunan dalam semua sektor dan pada seluruh bagian wilayah. Pertumbuhan ekonomi dapat terjadi secara serentak pada semua tempat dan semua sektor perekonomian, tetapi hanya pada titik-titik tertentu dan pada sektor-sektor tertentu pula. Wilayah yang memiliki potensi berkembang lebih besar akan berkembang lebih pesat, kemudian pengembangan wilayah tersebut akan merangsang wilayah sekitarnya.

Kota Tomohon merupakan salah satu daerah otonomi di Sulawesi Utara yang telah melakukan berbagai usaha pembangunan wilayah sejak dimekarkan dari Kabupaten Minahasa tahun 2003. Hasil pembangunan di Kota Tomohon dalam sepuluh tahun terakhir sangat pesat. Pembangunan infrastruktur, sektor pariwisata, sektor perdagangan dan jasa baik swasta maupun pemerintah tergolong baik.

Hasil kajian dengan metode Location Quotient menunjukkan bahwa terdapat 6 sektor basis atau sektor unggulan di Kota Tomohon Keenam sektor tersebut adalah  Sektor Pertambangan dan Penggalian, Sektor Pengadaan Listrik dan Gas, Sektor Konstruksi, Sektor Pengadaan Air, Pengelolaan Sampah, Limbah dan Daur Ulang, Sektor Konstruksi, Sektor Real Estate, Sektor Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial, serta Sektor Jasa Lainnya. Melalui kajian dengan metode Shift Share maka diperoleh sektor-sektor ekonomi yang memiliki daya saing yang kuat yakni  Sektor  Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan, Sektor Pertambangan dan Penggalian, Sektor Industri Pengolahan, Sektor Administrasi Pemerintahan, Pertahanan, dan Jaminan Sosial Wajib. Pemerintah maupun investor swasta diharapkan mampu melakukan investasi di sektor-sektor unggulan yang menjadi kekuatan perekonomian Kota Tomohon.

Downloads

Published

2020-07-06

Issue

Section

Articles