ANALISIS PERBEDAAN PENGELUARAN KONSUMSI PENGEMUDI OJEK ONLINE GRABSEBELUM DAN SESUDAH MENJADI PENGEMUDI OJEK ONLINE DI KOTA MANADO

Authors

  • Wiranda Ch Takahindangen Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, Manado 95115, Indonesia
  • Debby Ch Rotinsulu
  • Richard L H Tumilaar

Keywords:

Konsumsi, Pengeluaran Konsumsi, Ojek Online, Paired Sample T-Test.

Abstract

Konsumsi merupakan kebutuhan setiap manusia yang tak terpisahkan dari kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap masyarakat karena tanpa melakukan suatu konsumsi khususnya dalam hal memenuhi kebutuhan tubuh dengan makanan dan minuman maka setiap manusia tidak dapat bertahan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan pengeluaran konsumsi pengemudi Ojek Online Grab sebelum dan sesudah menjadi pengemudi Ojek Online.Data yang digunakan adalah Metode penelitian menggunakan data primer. Menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatifdan menggunakan pengujian hipotesis Analisis Deskriptif, Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov dan Uji Beda Sampel Berpasangan (Paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat signifikan hasil pengujian hipotesis adalah sebesar 0,000. Nilai signifikan tersebut ternyata lebih kecil dari tingkat α untuk menguji hipotesis sebesar 0,05 (α =0,05)  atau 0,001 < 0,05, dengan demikian H0 di tolak dan Ha diterima.Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara pengeluaran konsumsi sebelum dan sesudah menjadi Pengemudi Ojek Online Grab. Hal ini berarti bahwa sesudah menjadi pengemudi Ojek Online Grab memberikan pengaruh terhadap pengeluaran konsumsi pengemudi Ojek Online di Kota Manado

Downloads

Published

2021-07-15

Issue

Section

Articles